RSS

Search This Blog

Memuat...
Fix_Left

Cara merawat anakan Lovebird

Seperti halnya merawat anakan jenis burung lainnya, merawat anakan burung lovebird tidaklah mudah. Dalam merawat anakan burung lovebird, anda harus memilih apakah ingin memberi makan anakan lovebird tersebut sendiri (handfeeding) atau melolohnya lewat indukannya.

Jika anda memutuskan untuk meloloh menggunakan indukan, anda harus menambah porsi makan indukan menjadi tiga kali lipat dari biasanya. Karena jika asupan makanannya tidak tercukupi, indukan bisa stress dan dapat berakibat kematian. Anda juga harus sering membersihkan kandang agar tidak menimbulkan penyakit bagi anakan lovebird. Perlu diingat, dalam pembersihan kandang anda harus berhati-hati agar induk lovebird tidak stress.

Melakukan Hand Feeding (Meloloh Sendiri)
Jika anda ingin meloloh anakan lovebird sendiri (handfeding) maka anda harus memperhatikan beberapa faktor, diantarang adalah waktu. Anda harus benar benar memiliki waktu yang cukup untuk meloloh anakan lovebird. Anakan lovebird yang akan anda loloh minimal telah berusia dua minggu karena pada usia ini kondisi fisik anakan lovebird sudah cukup kuat.

Kotak Inkubator
Kotak inkubator berfungsi sebagai tempat untuk anakan lovebird setelah mereka diambil dari glodog (kotak sarang). Anakan lobird sebaiknya tetap dirawat di dalam kotak inkubator sampai usianya mencapai dua bulan. Ukuran kotak inkubator harus disesuaikan denga jumlah anakannya, untuk 5 ekor anakan ukuran kotak yang sesuai adalah 30 cm X 30 cm X 50 cm. Kotak inkubator ini harus dilengkapi dengan lampu berdaya 5  watt. Dasar kotak inkubasi diberi substrat (bahan-bahan) seperti yang ada di dalam glodog, bahan-bahan ini secara rutin harus diganti untuk menjaga kebersihan kotak inkubator.

Alat-alat
Untuk melakukan pelolohan, anda dapat menggunakan suntikan berukuran 10mL yang ujungnya diberi karet angin. Karet angin ini dipasang di ujung suntikan (tempat jarum) yang berfungsi untuk menyalurkan makanan ke dalam kerongkongan anakan lovebird.

Bahan Makanan
Untuk melakukan handfeeding anda harus menentukan bahan makanan apa yang akan anda berikan pada anakan lovebird. Bahan makanan yang umumnya digunakan adalah bubur bayi dari beras merah atau kacang hijau. Selain itu anda juga dapat menambahkan jagung dan sayuran yang sudah diblender  (dihaluskan). Anda harus memperhatikan suhu bahan makanan yang akan anda berikan pada anakan lovbird. Pastikan suhunya berada pada kisaran 38-40 derajat celcius. Untuk anakan yang masih muda berikan makanan yang encer, kemudian  ditambah kekentalannya seiring pertambahan usia anakan lovebird.

Melakukan Pelolohan
Lakukan pemberian makan setiap 5-6 jam sekali. Setiap anakan diberi makan sampai temboloknya terlihat penuh. Jika sudah penuh hentikan pamberian pakan. Penberian makan berikutnya adalah samapi temboloknya sudah kosong (biasanya 4-5 jam), terkadang ada anakan lovebird yang temboloknya lebih cepat kosong. Namun, jika temboloknya sangat lama kosong kemungkinan lovebird tersebut mengalami masalah pencernaan.

Artikel perawatan Lovebird lainnya:
Cara Merawat Anakan Burung Lovebird

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Poskan Komentar